Skip to content →

[Android] Fragment

Fragment merupakan User Interface pada android, hampir sama seperti Activity, tapi bisa dibilang Fragment ini seperti panel. Sekali lagi yaa, fragment itu semacam Activity, kita bisa menggabungkan beberapa Fragment untuk dimasukkan ke Activity. Seperti Activity, Fragment juga memiliki siklus hidup sendiri, menerima event, dan bisa ditambahkan atau dihapus ketika Activity berjalan.

Fragment harus ditanamkan ke Activity, dengan begitu artinya kondisi yang terjadi pada Activity secara otomatis mempengaruhi Fragment yang didalamnya. Semisal apabila Activity dalam kondisi pause, maka semua fragment yang didalamnya akan ikut berada pada kondisi pause. Fragment merupakan UI yang sangat dinamis, maksudnya, kita buat satu fragment, dapat kita gunakan untuk beberapa Activity dan beberapa fragment bisa ditanamkan ke satu activity.

Untuk menggunakan Fragment, memerlukan API level 11. Karena sebenernya Fragment ini dibuat untuk resolusi layar Android yang besar, contohnya seperti Tab dan yang lainnya. Dengan layar yang sangat besar, maka sayang sekali bila hanya digunakan untuk satu UI, maka dari itu dibuatlah Fragment untuk menampilkan beberapa UI dalam satu layar resolusi yang besar. Coba perhatikan gambar dibawah ini

Nah artiin sendiri dah basa inggrisnya… Untuk how to nya, tunggu aja yaa!!

Published in Android

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *