Skip to content →

Tips Mempercantik Logcat di Android Studio

Sebagai software developer pasti tidak jauh-jauh dari teman bermain bernama Log. Log adalah data-data string atau text yg mencatat events atau kejadian-kejadian yang dilakukan oleh sebuah sistem yang sedang berjalan. Logfile adalah file yang berisi log, biasanya dalam bentuk *.txt.

Di Android Studio juga secara default sudah memiliki sistem pencatatan events macam ini, kita mengenalnya dengan nama logcat. Mencatat segala aktivitas yang terjadi di sistem aplikasi bahkan device android yang sedang berjalan. Ada lima tingkatan dalam penulisan log antara lain: Assert, Error, Warn, Info, Debug, Verbose

Detail mengenai log bisa dilihat di halaman dokumentasi disini.

Nah ngobrol mengenai kecantikan, secara default bentuk log di Android Studio seperti dibawah ini

Pada gambar diatas saya menggunakan Template bawaan Android Studio bernama Darcula, yang memiliki background gelap dan warna text yang lebih hidup. Kenapa pilih template ini? Bagi saya background terang seperti default Android Studio membuat mata saya cepat capek karena terlalu terang, nah berbeda apabila menggunakan background gelap mata saya lebih bs bertahan menghadapi barisan kode. Huheue.. Oke kembali urusan mempercantik, tampilan log bawaan memang saya pribadi merasa kurang menarik, bukan hanya soal tampilan tapi untuk melakukan debugging jadi harus benar-benar jeli melihatnya, kecuali error log… Sudah pasti berwarna merah huehue… Dibawah ini tampilan log saya, yang bagi saya cukup imut dan lebih mudah mengenali level-level logging.

Menarik bukan… Dengan tampilan ini sangat membantu untuk melakukan debugging, karena ada perbedaan warna antara log level. Tidak membuat mata capek, tingkat akurasi membaca log dan bs menghemat waktu walaupun hanya beberapa detik. Dibawah adalah hexa color yang saya gunakan untuk membedakan log level:

  1. Assert : #BA68C8
  2. Debug : #2196F3
  3. Error : #F44336
  4. Info : #4CAF50
  5. Verbose : #BBBBBB
  6. Warning : #FF9800

Caranya simpel:

  1. Pada menu bar, pilih Android Studio Preference.
  2. Muncul halaman preference, sebelah kiri pilih Editor – Color & Fonts – Android Logcat
  3. Pilih scheme / theme yang mau di-edit
  4. Pilih salah satu log level, uncheck Use Inherited attributes…
  5. Edit bagian foreground sesuai hexa color yang diinginkan
  6. Apply – OK – Selesai…

Simpel kan?

Published in Android

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *