Skip to content →

Blackberry Application – Calculator

Yap kembali lagi ke dunia per-blog-an, sekarang saya mencoba tidak membahas Android untuk sementara ini. Untuk Android bisa dibaca-baca disini. Oke mari langsung saja, karena udah malem dan saya juga udah kepengen pulang jadi tema artikel kali ini adalah….. Calculator. :))

Alat dan Bahan :

  1. Komputer dengan RAM 4GB atau lebih (disarankan)
  2. JDK 7 bisa didownload dimari.
  3. SDK Blackberry dan Eclipse bisa didownload dimari.

Oh ya, Tutorial Blackberry ini bukan untuk Blackberry 10 Cascade ya… Karena untuk Blackberry 10 kita tidak menggunakan Java lagi, melainkan Bahasa C dan QML. Oke kita mulai… Untuk instalasi coba sendiri ya, bisa Googling ato tanya teman, tanya saya juga boleh hahaha…

Sekedar informasi saja, Developing Blackberry agak berbeda dengan Developing Android. Kalau teman-teman pernah mencoba J2ME, ya hampir sama bedanya cuma environtment dan library tambahan untuk blackberry aja. Jadi beruntunglah bagi teman-teman yang pernah ngoding J2ME.

Oke saya anggap teman-teman sudah siap dengan alat dan bahannya, mari kita masak…

  1. Buat Project. Klik File – New – Blackberry Project 
  2. Isi form pembuatan project, lihat gambar dibawah ini Project Name tidak boleh ada spasi, apalagi kosong. JRE yang digunakan, untuk versi OS BB yang digunakan. Kalau sudah langsung Finish saja
  3. Nah perhatikaan gambar dibawah Seperti project Eclipse biasa, src digunakan untuk menyimpan file *.java kita dan res untuk file-file resource seperti gambar dan lain-lain.
  4. Nah sekarang mari buka MyScreen.java, langkah awal kita harus tentukan komponen apa saja yang akan kita pakai.
    EditField edit1, edit2, editHasil;
    ButtonField tombolTambah, tombolKurang, tombolKali, tombolBagi;
    HorizontalFieldManager horizontal;
  5. Ingat aturan Java, kalau kita menggunakan kelas lain, harus kita instansiasi per objeknya, taruh saja di dalam Constructor.
    edit1 = new EditField("Nilai 1 : ", null);
    edit2 = new EditField("Nilai 1 : ", null); 
    editHasil = new EditField("Hasil : ", null);
    tombolTambah = new ButtonField("Tambah");
    tombolKurang = new ButtonField("Kurang");
    tombolKali = new ButtonField("Kali");
    tombolBagi = new ButtonField("Bagi");
    horizontal = new HorizontalFieldManager(Manager.FIELD_HCENTER);
  6. Next step, masukin komponen yang sudah diinstansiasi ke screen.
    horizontal.add(tombolTambah);
    horizontal.add(tombolKurang);
    horizontal.add(tombolKali);
    horizontal.add(tombolBagi);
    
    add(edit1);
    add(edit2);
    add(horizontal);
    add(editHasil);
  7. Kemudian kita buat untuk aksi tombol, implementasikan Interface FieldChangeListener dan methodnya. Pada constructor beri listener pada tombol yang telah kita buat tadi.
    tombolTambah.setChangeListener(this);
    tombolKurang.setChangeListener(this);
    tombolKali.setChangeListener(this);
    tombolBagi.setChangeListener(this);
  8. Tadi setelah kita implementasikan interface, otomatis kita mengimplementasikan method fieldChanged(Field field, int context). Nah isikan kode berikut.
    public void fieldChanged(Field field, int context) {
    	int n1 = Integer.parseInt(edit1.getText());
    	int n2 = Integer.parseInt(edit2.getText());
    	int hasil = 0;
    
    	if (field == tombolTambah) {
    		hasil = n1 + n2;
    	} else if (field == tombolKurang) {
    		hasil = n1 - n2;
    	} else if (field == tombolKali) {
    		hasil = n1 * n2;
    	} else if (field == tombolBagi) {
    		hasil = n1 / n2;
    	}
    	editHasil.setText(String.valueOf(hasil));
    }

    kode diatas untuk memberikan aksi pada komponen yang telah kita beri listener tadi. Mudah kan?!!

  9. Nah kira-kita begitulah segelintir perkodingan Blackberry. Mudah kan?! Oke oke… Lengkap perkodingan ada dibawah ini
    public final class MyScreen extends MainScreen implements FieldChangeListener {
    	EditField edit1, edit2, editHasil;
    	ButtonField tombolTambah, tombolKurang, tombolKali, tombolBagi;
    	HorizontalFieldManager horizontal;
    
    	public MyScreen() {
    		setTitle("MyTitle");
    
    		// --------------- instansiasi komponen
    		edit1 = new EditField("Nilai 1 : ", null);
    		edit2 = new EditField("Nilai 1 : ", null);
    		editHasil = new EditField("Hasil : ", null);
    		tombolTambah = new ButtonField("Tambah");
    		tombolKurang = new ButtonField("Kurang");
    		tombolKali = new ButtonField("Kali");
    		tombolBagi = new ButtonField("Bagi");
    		horizontal = new HorizontalFieldManager(Manager.FIELD_HCENTER);
    
    		// --------------- masukin komponen ke manager
    		horizontal.add(tombolTambah);
    		horizontal.add(tombolKurang);
    		horizontal.add(tombolKali);
    		horizontal.add(tombolBagi);
    
    		add(edit1);
    		add(edit2);
    		add(horizontal);
    		add(editHasil);
    
    		// --------------- tambahkan listener ke tombol
    		tombolTambah.setChangeListener(this);
    		tombolKurang.setChangeListener(this);
    		tombolKali.setChangeListener(this);
    		tombolBagi.setChangeListener(this);
    	}
    	public void fieldChanged(Field field, int context) {
    		int n1 = Integer.parseInt(edit1.getText());
    		int n2 = Integer.parseInt(edit2.getText());
    		int hasil = 0;
    
    		if (field == tombolTambah) {
    			hasil = n1 + n2;
    		} else if (field == tombolKurang) {
    			hasil = n1 - n2;
    		} else if (field == tombolKali) {
    			hasil = n1 * n2;
    		} else if (field == tombolBagi) {
    			hasil = n1 / n2;
    		}
    		editHasil.setText(String.valueOf(hasil));
    	}
    }

Untuk menjalankan aplikasi, Klik Kanan Project – Run –

Yap, sekian…. Cukup mudah lah… Untuk tutorial lainnya sementara cari di Google dulu yaa.. Ngantuk bro, maap kalo tulisan saya berantakan, efek muka lah ini. Bye… Ciao..

Published in Blackberry

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *