Git Tab Autocomplete pada Mac OS

Git adalah version control system yang sangat populer bagi seorang developer atau software engineer. Biasanya untuk mempermudah akses git, beberapa IDE populer sudah include Terminal. Sehingga para developer tidak perlu repot-repot membuka aplikasi Terminal external untuk meng-eksekusi perintah git.


Pengalaman menarik saat saya ganti laptop dari Lenovo dengan OS Ubuntu, beralih ke Mac OS Silicon (M1), dengan stack saya sebagai Java Developer pilihan IDE saya adalah Intellij. Saat menggunakan Mac OS, entah mengapa ada yang mengganjal pada Intellij IDE. Ternyata aplikasi Terminal bawaan Intellij Mac OS tidak support untuk autocomplete git command. Sehingga yang biasanya saya menggunakan tombol Tab untuk autocomplete, sekarang harus secara manual mengetikkan seluruh perintah dengan nama branch yang kadang-kadang relatif panjang.

Mengaktifkan Git Tab pada Zsh

Mac OS terbaru menggunakan Zsh shell secara default. Untuk mengaktifkan git tab autocomplete tambahkan baris code dibawah ini pada file `.zshrc` kemudian restart aplikasi Terminal.

autoload -Uz compinit && compinit

Atau untuk mempermudah, bisa meng-eksekusi perintah dibawah ini pada Terminal.

echo 'autoload -Uz compinit && compinit' >> ~/.zshrc
source ~/.zshrc

Semoga membantu,
Terima kasih

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *