Pengelolaan IDE dengan Jetbrains Toolbox

engineering-tools

Siapa tak kenal Jetbrains? Perusahaan pembuat IDE canggih bahasa pemrograman terpopuler saat ini, mulai dari PHP, Java, Javascript, Python, dan lain-lain. Pernah mengalami kesulitan dalam instalasi IDE buatan Jetbrains? Terlalu asyik ngoding, sampe lupa bahwa masih menggunakan IDE versi jadul alias tidak di update? Mungkin juga malas update karena ribet harus uninstall yang lama kemudian install versi terbaru, alias reinstall? Yuk kenalan sama Jetbrains Toolbox, alat canggih yang di khususkan untuk pengelolaan IDE kita.

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menggunakan IDE atau aplikasi apapun kedalam komputer kita tentu adalah instalasi. Secara sekilas mudah untuk melakukan instalasi, yaitu download binary file-nya kemudian double klik untuk mulai instalasi, untuk kaum Mac dan Windows. Bagaimana dengan teman-teman pengguna Linux? Download tar.gz, command ini untuk instalasi dan command itu untuk membuat launcher. Ribet?? Sedikit.

Setelah instalasi selesai, lanjutkan hari-hari seperti biasa. Ngoding dari jam 9 sampe nggak tau kapan selesai. Hehee… Seiring berjalan waktu, nggak terasa sudah hampir atau mungkin lebih dari satu tahun kita ngoding, menggunakan IDE kita tercinta. Sering di notifikasi bahwa ada IDE versi terbaru? Pernah dan sering. Apakah langsung di update? Hmm… Ribet lagi nggak ya? Uninstall yang lama, download versi terbaru, kemudian install. Ribet? Sedikit. Bikin males update? Yes. Nah di posisi inilah kita membutuhkan Jetbrains Toolbox.

Secara singkat, seperti dijelaskan di website nya, tools ini sangat berguna dalam mengelola IDE buatan Jetbrains. Tools ini akan mempermudah kita dalam mengelola IDE, mulai dari instalasi, update, bahkan downgrade. Nah bagaimana cara menggunakannya?

Instalasi Jetbrains Toolbox

Tentu kita harus mengunduh Jetbrains Toolbox sesuai dengan OS yang kita gunakan. Karena instalasi yang cukup ribet adalah bagi pengguna Linux, saya coba berikan beberapa command untuk membantu.

1. Download aplikasi di website diatas

2. Ekstrak file tar.gz ke dalam folder /opt

sudo tar -xzf jetbrains-toolbox-1.21.9547.tar.gz -C /opt

3. Masuk ke folder /opt kemudian jalankan file binary-nya

cd /opt/jetbrains-toolbox-1.21.9547
./jetbrains-toolbox

4. Buat symlink ke usr/local/bin untuk mempermudah akses-nya, jadi kita bisa menjalankan aplikasi tanpa via terminal melainkan bisa langsung kita jalankan melalui application manager.

sudo ln -s jetbrains-toolbox /usr/local/bin/

Instalasi IDE

Setelah kita install jetbrains-toolbox, bagaimana cara install IDE yang kita inginkan? Sebenarnya hal ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar, karena dari tampilannya sudah sangat jelas bahwa ada daftar IDE dan tools lain buatan Jetbrains yang disebelahnya ada tombol Install.

jetbrains toolbox ketika instalasi IDE
Daftar Jetbrains IDE

Projects

Tools ini juga memiliki kemampuan untuk melihat daftar project yang dapat dibuka oleh Jetbrains IDE, dari Java project, Android projects, Python, dan lain sebagainya. Jadi kita tidak perlu membuka IDE untuk membuka project, melainkan memilih project dahulu untuk kemudian dibuka dengan spesifik IDE.

jetbrains-toolbox daftar project
Daftar project

Downgrade Versi

Mungkin ada kasus dimana setelah kita update IDE, ternyata muncul ketidakpuasan. Bisa karena buggy karena benar-benar fresh from the oven alias baru release langsung kita update dan ternyata masih belum terlalu matang. Bisa juga karena mencoba-coba versi canary (versi yang masih dalam tahap development tapi sudah bisa dicoba, tentu dengan resiko). Sehingga kemudian kita diharuskan untuk menurunkan atau merubah versi. No ribet-ribet club, kita tinggal masuk ke

jetbrains-toolbox ubah versi IDE
Ubah versi IDE

Kesimpulan

Menggunakan sebuah aplikasi sangatlah mudah, namun beda cerita dengan pengelolaan-nya. Update versi juga menjadi hal yang patut dijadikan perhatian. Kemudahan pengelolaan menjadi hal yang utama, terutama bagi programmer jangan sampai outdated IDE menjadi hal yang memperlambat kita dalam berkarya. Jetbrains-toolbox menjadi jawaban atas semua itu, khususnya bagi Anda yang berinvestasi penuh di Jetbrains Environment.

Install IDE-mu dan mulai berkarya, baca juga Tutorial Spring Boot untuk pemula.

You Might Also Like